Salon mobil panggilan di jakarta

13 Nov 2012

Demi merawat mobil agar tetap menawan saat dikendarai, jasa pelayanan salon mobil atau car care menjadi sebuah kebutuhan bagi para pemilik mobil. Peluang bisnis menjanjikan dari salon mobil ini yang membuat para pengusaha salon mobil mengembangkan sayapnya menjadi salon mobil panggilan di jakarta dan skitarnya

biasanya salon mobil ini menawarkan paket paket yang terjangkau. Misalnya, perawatan eksterior harganya Rp 200.000 dan perawatan full service yang meliputi eksterior, interior, kaca, dan mesin mulai Rp 400.000–Rp 600.000 per mobil.

Ongkos perawatan ini bisa lebih mahal untuk mobil mewah. Yakni, mulai Rp 1 juta–Rp 1,5 juta per mobil. “Untuk mobil pabrikan Eropa dan Amerika Serikat yang harganya miliaran rupiah kami punya perawatan khusus.

Pada setiap paket tersebut, mitra 5PM ditargetkan bisa memperoleh omzet Rp 30 juta–Rp 40 juta per bulan per outlet. “Kami tak ada royalty fee agar mitra cepat balik modal dalam lima bulan sampai 18 bulan,” jelasnya.

Tiap paket mitra akan memperoleh perlengkapan lengkap termasuk mesin poles kendaraan, obat-obatan untuk perawatan mobil, dan juga pelatihan karyawan selama dua minggu. Tapi, biaya investasi tersebut belum termasuk sewa tempat.

Khusus untuk paket master, mitra berkesempatan membuka dua outlet 5PM, serta paket medium sekaligus. Selain itu, mitra juga berkesempatan menjadi master kemitraan dengan membawahi mitra lainnya dalam satu wilayah provinsi.

Saat ini 5PM salon mobil  memiliki gerai di sunter barat , dua gerai diantaranya milik mitra yakni di Lebak Bulus dan Bumi Serpong Damai (BSD), serta satu lagi gerai milik sendiri di Cililitan, Jakarta Timur. Meskipun mengaku banyak peminat, Fauzi sangat selektif memilih mitra. Maklum, bila bisnis sang mitra gagal, mereka bisa terkena getahnya pula.

“Kami sangat selektif soal lokasi, agar kelangsungan usaha terjaga. Kami rekomendasikan lokasi disekitar mall atau pusat perbelanjaan,” ujarnya.
Maka itu, kita  tak memasang target penambahan jumlah mitra. Saat ini, ia fokus menggarap pasar Jabodetabek. “Mungkin tahun depan kami ekspansi keluar daerah,” tandasnya.

Rahmi Pujiati, salah seorang mitra 5pm yang berada di BSD menceritakan, sejak menjadi mitra 5PM salon mobil paket medium Juni 2012 lalu, omzet usaha belum memenuhi target di bulan pertama. Namun, memasuki bulan Juli, omzetnya mulai meningkat.

Nah, di bulan Agustus ini, gerainya sudah bisa memenuhi target omzet, padahal baru pertengahan bulan. “Mungkin karena menjelang Lebaran banyak yang melakukan perawatan mobil,” ujar Rahmi.

Agar bisnisnya berkembang, dia berupaya terus belajar bisnis salon mobil ini, baik kepada 5PM , maupun kepada para karyawan. “Belajar dari karyawan itu penting karena mereka mengetahui kondisi lapangan.


TAGS


Comment
-

Author

Follow Me